Home » » Pengadaan media

Pengadaan media


Dari segi pengadaan, media dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:
a)      Media jadi (by utilization), media yang umumnya sudah menjadi komoditi perdagangan. Meskipun hemat waktu tenaga, dan biaya, namun kecil kemungkinan dapat sesuai tujuan dengan pembelajaran. Hal ini disebabkan tujuan pembuatan media tersebut (oleh produser / perusahaan) tidak khusus untuk mencapai tujuan pembelajaran yang spesifik seperti  seperti yang baias terjadi di kelas. Oleh karena itu, agar media tersebut lebih efektif dan efisien, guru terlebih dahulu harus mempelajari  dan memahami setiap bagian-bagiannya kemudian mengintegrasikan bahan media jadi tersebut dengan rencana pelaksanaan pembelajaran.
b)      Media rancangan (by design), yaitu media yang dirancang secara khusus untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran tertentu. Oleh karena itu, media ini lebih besar kemungkinan dapat sesuai tujuan pembelajaran.
Aspek lain yang memerlukan pertimbangan agar dalam pemilihan dan pengembangan media dapat maksimal adalah kemampuan biaya, ketersediaan waktu, tenaga, fasilitas dan peralatan pendukung.
1.       Sifat pemanfaatan media
Dilihat dari sifat pemanfaatannya, media pembelajaran terdapat dua macam, yaitu:
a)      Media primer, yaitu media yang diperlukan atau harus digunakan oleh guru untuk membantu siswa  dalam proses pembelajaran.
b)      Media sekunder, media ini bertujuan untuk  memberikan pengayaan materi.
Seorang guru harus mengetahui   potensi media, karakteristik masing-masing jenis media, agar setiap media dapat tepat guna dan tidak kehilangan perannya dalam proses pembelajaran.
SUMBER
Arief S. Sadiman dkk, Media Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008
Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2010
Yudhi Munadi, Media Pembelajaran, Ciputat: Gaung Persada Press, 2008


0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters