Home » » Pengembangan Media TV

Pengembangan Media TV


Televisi adalah media yang dapat menampilkan pesan secara audiovisual dan gerak (sama dengan film). Dilihat dari sudut jumlah penerima pesannya, televisi tergolong media massa. Jenis media televisi diantaranya: televisi terbuka (open boardcast television), televisi siaran terbatas / TVST (cole circuit television / CCTV), dan video cassete recorder (VCR)
  1. Media televisi terbuka
Media televisi terbuka adalah media audio visual gerak yang penyampaian pesannya melalui pancaran gelombang elektromagnetik dari satu stasiun, kemudian pesan tadi diterima oleh pemirsa melalui pesawat televisi.
Kelebihan media televisi terbuka:
  1. Informasi / pesan  yang disampaikan lebih aktual
  2. Jangkauan penyebarannya sangat luas
  3. Memberikan pesan yang dapat diterima secara lebih merata oleh siswa
  4. Sangat bagus untuk menerangkan suatu proses
  5. Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
  6. Memberikan kesan yang mendalam, yang dapat mempengaruhi sikap siswa
Kelemahan media televisi terbuka
  1. Programnya tidak dapat diulang-ulang sesuai kebutuhan
  2. Sifat komunikasinya  hanya satu arah
  3. Gambarnya relatif kecil
  4. Kadang-kadang terjadi distorsi warna dan gambar akibat kerusakan atau gangguan megnetik
  1. Media televisi siaran terbatas (TVST)
TVST atau CCTV adalah media audio visual gerak yang penyampaian pesannya didistribusikan melalui kabel (bukan TV kabel). Dengan perkataan lain, kamera televisi mengambil suatu objek di studio, misalnya guru yang sedang mengajar, kemudian hasil pengambilan tadi didistribusikan melalui kabel-kabel ke pesawat televisi yang ada di ruangan-ruangan kelas.
Kelebihan televisi siaran terbatas ini dibandingkan dengan televisi terbuka diantaranya adalah komunikasi dapat dilakukan secara dua arah (hubungan antara studio dan kelas dilakukan secara intercom), kebutuhan siswa dapat lebih diperhatikan dan terkontrol. Sedangkan kelemahannya adalah jangkauannya relatif terbatas.
  1. Media video cassete recorder (VCR)
Berbeda dengan media film, media VCR perekamannya dilakukan dengan menggunakan kaset video, dan penayangannya melalui pesawat televisi, sedangkan media film, perekam gambarnya menggunakan film selluloid yang positif dan gambarnya diproyeksikan melalui proyeksi ke layar.
Secara umum, kelebihan media VCR sama dengan kelebihan yang dimiliki oleh media televisi terbuka. Selain itu, media VCR ini memiliki kelebihan lainnya yaitu programnya dapat diulang-ulang. Akan tetapi kelemahannya adalah jangkauannya terbatas.
Secara umum sebagai media pendidika, televisi mempunyai kelebihan sebagai berikut:
  1. TV dapat menerima, mengggunakan dan mengubah atau membatasi semua bentuk media yang lain, menyesuaikan dengan tujuan-tujuan yang akan dicapai
  2. TV merupakan medium yang menarik, modern dan selalu siap diterima oleh anak-anak karena mereka mengenalnya sebagai bagian dari kehidupan luar mereka
  3. TV dapat memikat perhatian sepenuhnya dari penonton, karena menyajikan informasi visual dan audio secara simultan
  4. TV mempunyai realitas dari film tapi juga mempunyai kelebihan yang lain, yaitu immediacy (objek yang baru saja itangkap kamera dapat segera dipertontonkan)
  5. Sifatnya langsung dan nyata. Dengan TV siswa dapat mengetahui kejadian mutakhir, mereka bisa mengadakan kontak dengan orang-orang besar / terkenal dalam bidangnya, melihat dan mendengarkan mereka berbicara.
  6. Horison kelas dapat diperlebar dengan TV. Batas ruang dan waktu dapat diatasi
  7. Hampir setiap mata pelajaran dapat di TV kan
  8. TV dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam hal mengajar
Beberapa kelemahan  / keterbatasan TV antara lain:
  1. Harga pesawat TV relaif mahal
  2. Sifat komunikasinya hanya satu arah
  3. Sulit menyesuaikan antar jadwal pelajaran di kelas (jika TV dimanfaatkan pada pembelajaran di kelas) dengan jadwal siaran TV
  4. Program diluar kontrol guru
  5. Besarnya gambar di layar TV relatif kecil dibandingkan dengan film, sehingga jumlah siswa yang dapat memanfaatkan terbatas
SUMBER
Rudi Susilana, Media pembelajaran, Bandung: CV wacana Prima, 2007
Arief S. Sadiman dkk, Media Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters