Home » » Media Berbasis Cetakan

Media Berbasis Cetakan


Materi pembelajaran berbasis cetakan yang paling umum dikenal adalah buku teks, buku penuntun,jurnal,dan lembaran lepas. Teks berbasis cetakan menuntut enam elemen yang perlu diperhatikan pada saat merancang, yaitu koensistensi, format,organisasi,daya tarik,ukuran huruf dan penggunaan spasi kosong.

Konsistensi
a.       Gunakan konsistensi format dari halaman ke halaman. Usahakan agar tidak menggabungkan cetakan huruf dan ukuran huruf.
b.      Usahakan untuk konsisten dalam jarak spasi. Jarak antara judul dan baris pertama serta garis samping supaya sama, dan antara judul dan teks utama.

Format
a.       Jika paragrap panjang sering digunakan, wajah satu kolom lebih sesuai; sebaliknya, jika paragraph pendek-pendek, wajah dua kolom akan sesuai.
b.      Isi yang berbeda supaya dipisahkan dan dilabel secara visual.
c.       Taktik dan strategi pembelajaran yang berbedasebaiknya dipisahkan dan dilabel secara visual.

Organisasi
a.       Upayakan untuk selalu menginformasikan siswa/pembaca mengenai dimana mereka atau sejauh mana mereka dalam teks itu. Siswa harus mampu melihat sepintas bagian atau bab berapa meraka baca.
b.      Susunlah teks sedemikian rupa sehingga informasi mudah diperoleh.
c.       Kotak-kotak dapat digunakan untuk memisahkan bagian-bagian dari teks.

Daya tarik
Perkenalkan setiap bab dengan cara yang berbeda. Ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk membaca terus.

Ukuran Huruf
a.       Pilihlah ukuran huruf yang sesuai dnegan siswa, pesan, dan lingkungannya. Ukuran huruf biasanya dalam poin per inci. Misalnya, ukuran 24 poin per inci. Ukuran huruf yang baik untuk teks ( buku teks atau buku penuntun  ) adalah 12 poin.
b.      Hindari penggunaan huruf capital untuk seluruh teks karena dapat membuat proses membaca itu sulit.

Ruang (spasi kosong)
a.       Gunakan spasi kosong lowong tak berisi teks atau gambar untuk menambah kontras. Hal ini penting untuk memberikan kesempatan siswa/pembaca untuk istirahat pada titik tertentu pada saat matanya bergerak menyusuri teks.
b.      Menyesuaikan spasi antar baris untuk meningkatkan tampilan dan tingkat keterbacaan.
c.       Tambahkan spasi antar paragraph untuk meningkatkan tingkat keterbacaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters