Home » , , , » Pengertian Virus Komputer

Pengertian Virus Komputer

Menurut Wikipedia :

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.


Secara umum pengertian virus komputer sendiri ialah program software kecil yang dirancang untuk menyebar dari satu komputer ke komputer lain dan untuk mengganggu pengoperasian komputer. Virus komputer memiliki sifat dasar menyebabkan kerusakan isi hard disk Anda, dan / atau mengganggu operasi normal komputer Anda. 

Program ini (virus) dapat mereplikasi dirinya sendiri. Ini berarti bahwa virus berkembang biak di komputer dengan membuat salinan dari dirinya sendiri. Dalam kebanyakan kasus, jika file yang berisi virus dieksekusi atau disalin ke komputer lain, maka komputer tersebut juga akan "terinfeksi" oleh virus yang sama.

Sebuah virus dapat dimasukkan ke sistem komputer bersama dengan software program. Bagi pengguna internet, ancaman ini bisa datang dari men-download file melalui FTP (file transfer protocol), atau melalui lampiran dan tautan yang terdapat di dalam email (untuk itu berhati-hatilah membuka lampiran atau membuka link yang terdapat di dalam email dari orang yang tidak Anda kenal).

Ketika virus dimasukkan ke sistem komputer, dapat menempelkan dirinya sendiri ke, atau kadang-kadang bahkan mengganti, program yang ada. Jadi, ketika pengguna menjalankan program tersebut, virus ini juga dijalankan. Hal ini biasanya terjadi tanpa pengguna menyadarinya.

Berikut beberapa contoh dampak dari virus komputer:
- Mengurangi kapasitas memori atau disk space.
- Modifikasi data.
- Menulis ulang atau merusak file.
- Menghapus Hard drive


0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters