Home » » Media Berbasis Manusia

Media Berbasis Manusia


Media berbasis manusia merupakan media tertua yang digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi. Media ini bermanfaat khususnya bila tujuan kita adalah mengubah sikap atau ingin secara langsung terlibat dengan pemantauan pembelajaran siswa. Misalnya, media manusia dapat mengarahkan dan mempengaruhi proses belajar melalui eksplorasi terbimbing dengan menganalisis dari waktu ke waktu apa yang terjadi pada lingkungan belajar.

Langkah-langkah rancangan jenis pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
a.       Merumuskan masalah yang relevan;
b.      Mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang terkait untuk memecahkan masalah;
c.       Ajarkan mengapa pengetahuan itu penting dan bagaimana pengetahuan itu dapat diterapkan untuk pemecahan masalah;
d.      Tuntun eksploarasi siswa;
e.       Berikan umpan balik mengenai benar atau salahnya jalan pikiran dan jalur pemecahan masalah;
f.       Kembangkan masalah dalam konteks yang beragam dengan tahap tingkat kerumitan;
g.      Nilai pengetahuan siswa dengan memberikan masalah baru untuk dipecahkan.

Salah satu faktor penting dalam pembelajaran dengan media berbasis manusia ialah rancangan pembelajaran yang interaktif. Dengan adanya manusia sebagai pemeran utama dalam proses belajar maka kesempatan interaksi semakin terbuka lebar. Pelajaran interaktif yang terstruktur dengan baik bukan hanya lebih menarik tetapi juga memberikan kesempatan untuk percobaan mental dan pemecahan masalah yang kreatif.disamping itu, pelajaran interaktif mendorong partisipasi siswa dan jika digunakan dengan baik dapat mempertinggi hasil belajar dan pengalihan pengetahuan.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters