Home » » Pengembangan Media Berbasis Komputer (CAI)

Pengembangan Media Berbasis Komputer (CAI)


Prosesor kecil berisikan semua kemampuan yang diperlukan untuk memproses berbagai perintah yang sebelumnya hrus dilakukan oleh peralatan yang memenuhi ruang besar. Pengembangan prosesor kecil itu terus berlangsung hingga kini yang bukan saja ukurannya lebih kecil tetapi juga kemampuannya semakin besar.
Penggunaan omputer sebagai media pembelajaran dikenal dengan nama pembelajaran dengan bantuan komputer (Computer-assisted Instruction – CAI). Secara luas, CAI ialah penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan-latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. Dilihat dari situasi belajar dimana komputer digunakan untuk tujuan menyajikan isi pemebelajaran, CAI bisa berbentuk tutorial, drills and practice, stimulasi, dan permainan.
  1. Tutorial
Program pembelajaran tutorial dengan bantuan komputer meniru sistem tutor yang dilakukan oleh guru dan instruktur. Informasi atau pesan berupa suatu konsep disajikan di layar komputer dengan teks, gambar, atau grafik.
2.  Drills and practice
Latihan untuk mempermahir ketrampilan atau memperkuat penguasaan konsep dapat dilakukan dengan modus drills and practice. Komputer menyiapkan serangkaian soal atau pertanyaan yang serupa dengan yang biasa ditemukan dalam buku / lembar kerja.
3. Stimulasi
Program simulasi dengan bantuan komputer mencoba untuk menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata. Misalnya siswa menggunakan komputer untuk menstimulasikan menerbangkan pesawat terbang.
4. Permainan
Program permainan yang dirancang dengan baik dapat memotivasi siswa dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya. Permainan instruksional yang berhasil menggabungkan aksi-aksi permainan video dan ketrampilan penggunaan papan ketik pada komputer. Siswa dapat menjadi terampil mengetik karena dalam permainan siswa dituntut untuk menginput data dengan mengetik jawaban atau perintah yang benar.
Faktor pendukung keberhasilan Computer-assisted Instruction / CAI:
  1. Belajar harus menyenangkan
  2. Interaktivitas
  3. Kesempatan beratih harus memotivasi, cocok, dan tersedia feedback
  4. Menuntun dan melatih siswa dengan lingkungan informasi

SUMBER :
Arief S. Sadiman dkk, Media Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008
Ronald H. Anderson, Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 1987

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters