Home » , » Pengertian Hard Disk

Pengertian Hard Disk


Pengertian Hard disk (Cakram keras- bahasa Indonesia) disebut juga Hard disk drive (HDD) yaitu hardware yang berfungsi untuk menyimpan data yang berbentuk kotak persegi empat yang didalamnya terdapat piringan magnetis. Berbeda dengan RAM, jika hard disk tidak dapat supply listrik tetap dapat menyimpan data.

Hard disk memiliki konektor IDE dan SATA, untuk hard disk external menggunakan USB. Konektor adalah slot untuk menyambung hard disk kemainboard, anda dapat melihat bagian belakang dari hard disk memiliki konektor SATA atau IDE.
Hard disk memiliki beberapa ukuran fisik yaitu 2,5 Inch biasanya untuk laptop, sedangkan yang 3,5 Inch biasanya untuk komputer desktop atau PC rumahan. Kecepatan hard disk dinilai dengan Rpm (Rotation per minute/ Putaran per minute) semakin tinggi nilai rpm semakin cepat hard disk bekerja. Kapasitas hard disk dinilai dengan Bit, untuk ukuran hard disk saat ini sudah sampai ukuran Tera Bit (TB) yaitu Milyaran Bit. Berikut nilai satuan untuk bit (Kalo salah mohon koreksinya) 

  • 1 TB = 1024 GB (Giga Bit)
  • 1 GB = 1024 MB (Mega Bit)
  • 1 MB = 1024 KB (Kilo Bit)
  • 1 KB = 1024 Bit


hard disk 

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters