Home » » Tutorial setting IP di cisco

Tutorial setting IP di cisco

Tutorial set IP di cisco:

  1.   .  Pertama, kita hubungin terlebih dahulu perangkat cisco yang mau kita set IP nya dengan komputer ataulaptop kita memakai kabel USB serial (pastikan terlebih dahulu anda sudah mempunyai software untuk membaca kabel serial tersebut, pada saat ini saya memakai kabel serial dengan tipe uc-232a).
  2.       Kemudian cek di port berapakah USB serial berada di sisi kita (berhubung saya memakai windows 7,dapat di cek melalui, start àpilih menu device and printer àtrus cek di sana, USB serial terletak di port COM berapa)(gambar device&printer).


Gambar Port USB Serial di Laptop/Komputer

       3.  Kemudian masuk ke putty, pilih serial selanjutnya masukan port USB serial di sisi kita (gambar                      putty).


Gambar Putty Via Serial
                           4Setelah masuk ke putty, isi data username dan password agar dapat masuk ke mode privilege (yang             belum tahu apa itu mode privilege, baca artikel sebelumnya di blog ini yak (^-^) di artikel dengan                   judul” command-command cisco”)



                                                           Gambar Login Privelege Cisco


Gambar Command sh ip int brief 
Keterangan gambar :
·         Command “router# conf t” = configure terminal, command ini bertujuan agar user dapat melakukan konfigurasi pada router (untuk penjelasan lebih lengkap baca di artikel sebelumnya (>.<))
·         Command “hostname” yaitu untuk memberi nama host di router
·         Command “router# sh ip int brief” (untuk command hanya bisa digunakan pada mode privilege, bukan di mode config, untuk itu kita mesti menekan “ctrl + z” untuk keluar dari mode config) = command ini menunjukan semua interface, ip addres dan status kondisi interface saat ini.
5             5.  Kemudian kita ketik command “router(config)# int fa0” (pastikan sebelumnya kita ketik command               “conf t”) untuk melakukan konfigurasi pada interface fast ethernet 0


Gambar Set IP address Untuk Fast Ethernet 0
             6.  Setelah masuk pada interface fa0, kita dapat memberi ip pada interface dengan mengetikan                          command “router(config-if)# ip address (IP) (subnet)”. Kita juga dapat memberikan nama pada               interface ini dengan mengetikkan command “router (config-if)# desc (nama yang akan diberi)”
                        7.  Begitu juga pada interface serial 0 dan serial 1, cara dan langkah sama kayak setting interace fa0,                  monggo dicoba ya
                         8.  Setelah kita menset ip pada interface, dan apabila kita ingin melihat konfigurasi router saat ini secara              keseluruhan, kita dapat mengetik command “router# sh run” (yang pastinya ctrl + z terlebih dahulu                karena command ini bekerja pada mode privilege (sekali lagi, apabila masih ora mudeng dengan                  mode-mode di cisco ini.


Gambar dari Command sh run

Penjelasan gambar diatas:
·         Status interface yang masih shutdown menunjukan bahwa kondisi interface masih belum aktif, jadi untuk mengaktifkan nya kita bisa mengetikkan perintah “router(config-if)# no shutdown ”. Jadi pada gambar sh ip int brief, dapat kita liat status serial0 dan serial1 dalam kondisi "administratively down", ini pertanda kalau interface tersebut masih dalam kondisi shutdown
·         Line consol disini berfungsi apabila kita ingin mengkonfigurasi router atau switch secara physically(manual dengan kabel usb serial), untuk itu line consol diperlukan.
Untuk menset line consol ada password, maka kita sebelumnya kita mesti mengetik
Router(config)# line consol 0
Router(config-line)# password AdrianGanteng      (maaf agak narsis sedikit :p)
Router(config-line)#login local   à bertujuan untuk pengecekan password saat login
Router(config-line)#exit
·         Line vty bertujuan untuk melakukan pe-remote-an dari jarak jauh via telnet. Untuk cara penyetingan password sama seperti di line consol
Router(config)# line vty 0 4
Router(config-line)# password AdrianGanteng  
Router(config-line)#login local  
Router(config-line)#exit
                                    9.  Dan untuk langkah terakhirnya, kita mesti mengetik command di mode privilegenya yaitu,                               “router# copy run start”. Ini dilakukan agar konfigurasi yang sudah kita setting tidak hilang                          disaat kita mematikan atau restart router. Karena kondisi saat kita setting ini masih tersimpan di                      memory RAM dari perangkatnya.




0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters