Home » , » Facebook dan Twitter hanya rugikan Indonesia

Facebook dan Twitter hanya rugikan Indonesia


Keberadaan social media seperti Facebook dan Twitter disinyalir hanya merugikan industri dalam negeri. Hal itu disebabkan dua media sosial itu tidak membayar tarif untuk pembangunan infrastruktur dalam menjual usahanya di Indonesia.
Sekretaris Asosiasi Komputer Indonesia Rudi Rusdiah mengatakan mereka hanya menjadi over the top (OTT) di Indonesia atau menumpang dengan Telkom yang harus menyediakan infrastruktur dan peralatan lain.
Dia cuma numpang internet misalnya pakai Speedy dari Telkom, provider bikin internet akses. Aplikasi numpang di bawah infrastruktur, dia numpang di sini tanpa harus bangun infrastruktur, trafficnya disedot, bandwidth nya nyedot Telkom ungkap Rudi ketika ditemui di gedung Kemenperin, Jakarta, Kamis (5/4).
Dia juga menyesalkan, hingga saat ini, keuntungan internet perusahaan informatika dalam negeri disedot oleh social media tersebut.
Usaha mereka membuka lebih banyak jalur internet services dan pajak internet juga nggak ada, tambah dia. Saat ini terdapat beberapa perusahaan yang melayani usaha jual-beli layanan data yaitu Indosat, Telkom, Xl Axiata, CBN, dan First Media.
Rudi meminta kepada pemerintah agar sosial media tersebut juga harus dibebani dengan tarif untuk lebih membangun infrastruktur dalam negeri.
Keuntungan internet ini disedot semuanya oleh mereka, tanpa memberikan keuntungan kepada Telkom, pungkasnya.
Saat ini, aktivitas sosial media di Indonesia telah menjadi tren. Hingga Februari lalu, terdapat 19,5 juta orang pengguna Twitter di Indonesia dan merupakan terbesar kelima di dunia. Sementara untuk pengguna Facebook, Indonesia menempati posisi ketiga di dunia dengan pengguna sebanyak 43 juta orang.

Sumber : http://www.merdeka.com/uang/facebook-dan-twitter-hanya-rugikan-indonesia.html

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters