Home » , » Isi Program Evaluasi

Isi Program Evaluasi

Menentukan pokok-Pokok dan ketentuan-ketentuan apa yang perlu dimuat di dalam suatu program evaluasi itu sangat sukar. Hal ini disebabkan oleh tujuan khusus dan tiap jenis sekolah dan keadaan sekolah masing-masing tidak sama.
Namun, untuk memberi gambaran secara umum, beberapa pokok dan ketentuan yang dikemukakan di bawah ini dapat menjadi petuniuk minimal dalam penyusunan suatu program evaluasi.
1.      Adanya perumusan tujuan umum sekolah yang bersangkutan seperti yang tercantum di dalam kurikulumm sekolah masing-masing
2.      Perumusan tujuan tiap mata pelajaran sesuai dengan tujuan sekolah masing-masing. Kedua perumusan tujuan tersebut di atas kalau diintegrasikan hendaknya melukiskan gambaran yang cukup jelas mengenal hasil anak didik yang bagaimanakah yang dihendaki oleh tujuan sekolah itu.
3.      Perumusan tujuan tiap mata pelajaran menjadi tujuam-tujuan instruksional yang jelas dan sesuai dengan aspek-aspek pertumbuhan siswa yang dihendaki oleh tujuan kurikulum sekolah itu.
4.      Rincian tentang aspek-aspek pertumbuhan siswa yang harus diperhatikan dalarn setiap kegiatan evaluasi seperti sikap, watak, kecakapan, pengetahuan, keterampilan, cara berpikir, kepemimpinan, serta cara penyesuain dan secara emosional dan sosial.
5.      Ketentuan tentang pemilihan alat-alat evaluasi yang sesuai dan dapat dipergunakan untuk mengevaluasi setiap aspek pertumbuhan yang dihendaki. Misalnya observasi, catatan harian (anecdotal records), beberapa jenis tes kepribadian, dan achievement test.
6.      Ketentuan dan petunjuk-petunjuk tentang cara-cara menskor (scoring system) dan cara mengolahnya.
7.      Ketentuan dan petunjuk-petunjuk tentang syarat-syarat kerja yang harus diperhatikan dalam setiap tindakan evaluasi bagaimanakah melaksanakya dan alat-alat apa yang harus dipersiapkan
8.      Ketentuan tentang jadwal kegiatan evaluasi, yang memuat antara lain: bilamana evaluasi harus dilakukan, berapa kali dalam tiap semester, aspek-aspek mana yang perlu dievaluasi, dan alat evaluasi yang dipergunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters