Home » » Penggunaan Strategi Think-Talk-Write sebagai suatu Strategi Pembelajaran

Penggunaan Strategi Think-Talk-Write sebagai suatu Strategi Pembelajaran

Suatu strategi pembelajaran yang diharapkan dapat menumbuh kembangkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa adalah strategi think-talk-write (TTW). Strategi yang diperkenalkan oleh Huinker & Laughlin (1996:82) ini pada dasarnya dibangun melalui berfikir, berbicara, dan menulis. 

Alur kemajuan strategi TTW dimulai dari keterlibatan siswa dalam berpikir atau bedialog dengan dirinya sendiri setelah proses membaca, selanjutnya berbicara dan membagi ide (sharing) dengan temannya sebelum menulis.

Langkah-langkah pembelajaran dengan strategi TTW:

1.  Guru membagi teks bacaan berupa lembaran aktivitas siswa yang memuat situasi masalah bersifat open-ended dan petunjuk serta prosedur pelaksanaannya
2.  Siswa membaca teks dan membuat catatan dari hasil bacaan secara individual, untuk dibawa ke forum diskusi (think)
3.   Siswa berinteraksi dan berkolaborasi dengan teman untuk membahas isi catatan (talk). Guru berperan sebagai mediator lingkungan belajar
4.   Siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan sebagai hasil kolaborasi (write).
Strategi ini dapat digunakan untuk melatih suswa dari sekolah menengah pertama sampaai ke jenjang yang lebih tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters