Home » , » Rusia : Pekerja Hancurkan Kabel Stasiun Pengawasan Luar Angkasa

Rusia : Pekerja Hancurkan Kabel Stasiun Pengawasan Luar Angkasa


Kamis, 15 November 2012 | 23:34 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Kabel komunikasi yang menghubungkan Pusat Pengawasan Misi Luar Angkasa Rusia sejak hari Rabu tidak berfungsi.
Semuanya gara-gara para pekerja bangunan secara tak sengaja memutuskan kabel yang menghubungkan misi luar angkasa yang berada di luar kota Moskwa, Rusia, itu.
Kantor berita AP, Kamis (15/11/2012), mengutip juru bicara badan luar angkasa Rusia Rocosmos, Alexei Kuzenetsov, menegaskan, kabel tadi sempat menghentikan berbagai kegiatan pengawasan misi luar angkasa Rusia, termasuk melakukan pengawasan atas Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) ataupun sejumlah satelit milik Rusia.
"Namun, hari ini kerusakan sudah diperbaiki dan normal kembali. Tidak ada dampak yang luar biasa pada stasiun ISS ataupun satelit milik Rusia," ujar Kuznetsov.
Kejadian tak disengaja ini juga tidak berdampak pada rencana kembalinya antariksawan yang sedianya akan kembali ke bumi dari ISS pada Senin nanti.
Josh Byerlu, juru bicara badan luar angkasa Amerika NASA, menegaskan, program luar angkasa Rusia mengalami gangguan komunikasi di darat. Kondisi ini mengganggu komunikasi dengan stasiun luar angkasa melalui pusat luar angkasa Johnson di Houston, Amerika. Namun, sejauh ini problem tesebut sudah diatasi dan berjalan normal kembali.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters