Home » » Siapakah Yuri Gagarin ?

Siapakah Yuri Gagarin ?




Yuri Alekseyevich Gagarin  lahir 9 Maret tahun 1934 di  kota Klushino Russia. Beliau  berkerja sebagai Kosmonot  dan pilot pesawat tempur dan  menjadi orang pertama ke luar  angkasa. Nama ayahnya  Alexey Ivanovich Gagarin dan  ibunya Anna Timofeyevna  Gagarina. Untuk meraih cita -  citanya beliau melajutkan  pendidikanya di sekolah  pernebangan di Moscow  Russia.

Alasan :

Alasan penjelajahanya  karena ia mau menjelajahi bumi  atas dan luar angkasa. Beliau  berpartisipasi karena dulu  Russia dan A.S. mengadakan  lomba menuju luar angkasa  supaya Russia menang beliau  menjadi orang pertama menuju  luar angkasa dengan  menggunakan “Vostok 1 dan  Soyuz 1”. Tujuan  penjelajahanya adalah untuk  memehcahkan rekor yang  sebelumnya dipegang oleh  Russia dan A.S





Perjalanan :

Sebelum melakukan penerbangan Yuri  Gagarin di periksa kekebalan tubuhnya  dan melakukan training cara  mengendalikan pesawat, agar ia dapat  mengemudikan pesawat “Vostok 1”.Pada  tanggal 12 April 1961, ia menjadi  orang pertama dari atas dengan waktu 1  jam 48 menit dan menjelajahi luar  angkasa. Pada saat dia mengelilingi  bumi ia merasakan akibat dari tidak  adanya gravitasi di luar angkasa.  Barang - barang yang di bawanya  berterbangan pada saat ia berada dalam  Vostok 1 mengelilingi bumi.


Pencapaian :

Ia melakukan  pengamatan tentang letak  benua di bumi ,laut ,gunung  - gunung ,dll. Waktu  pesawat luar angkasa  Vostok 1 akan mendarat ke  bumi Vostok 1 mengalami  kehilangan kontak dengan  menara pengawas di Russia  dan badan Vostok 1 terbakar  karena memasuki daerah  atmosfir. Tetapi Vostok 1 dan
Yuri Gagarin berhasil  mendarat ke Bumi dengan  aman karena berhasil  terbang dengan parasut  yang ada. Pesawat “Vostok  1 “ mendarat di Russia  utara dekat Siberia.


Akhir Hayat dan akhir perjalanan

Yuri Alekseyevich Gagarin  menningal pada tanggal 27  Maret 1968 (34 tahun)  karena tertabrak oleh  pesawat tempur lain.  Badanya terkbur oleh abu  dekat Kremlin square.  Akhirnya Beliau di kubur di kota Novosloyo di Russia.


Dampak Perjalanan :

Setelah penerbangan  Vostok 1 Yuri Gagarin  menjadi terkenal karena  keberaniannya. Ia juga  mendapat banyak  penghargaan seperti medali  emas, medali silver, patung  profil, gambar Yuri Gagarin di perangko Russia, juga di  mata uang Russia sampai  tahun 2001 serta dikukuhkan  menjadi pahlawan Uni  Soviet. Yuri Gagarin  mengajar kita dan  masyarakat Russia untuk  menjadi orang yang berani  mengambil resiko dan orang  yang terbuka menghadapi  hal - hal baru dan menantang. 

sumber :


http://enzohartono.weebly.com/uploads/1/3/6/8/13689185/yuri_gagarin_bi_project_enzo_hartono.pdf





0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters