27 Maret 2013

Prinsip-Prinsip Evaluasi Pembelajaran



1.    Prinsip-Prinsip Dasar Evaluasi Pembelajaran
a.       Evaluasi bertujuan membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pembeljaran bagi masyrakat.
b.      Evaluasi adalah seni, tidak ada evaluasi yang sempurna, meski dilkukan dengan metode yang berbeda.
c.       Pelaku evaluasi atau evaluator tidak memberikan jawaban atas suatu pertanyaan tertentu. Evaluator tidak berwennag untuk memberikan rekomendasi terhadap keberlangsungan sebuah program. Evaluator hanya membantu memberikan alternatif.
d.      Penelitian evaluasi adalah tanggung jawab tim bukan perorangan.
e.       Evaluator tidak terikat pada satu sekolah demikian pula sebaliknya.
f.        Evaluasi adalah proses, jika diperlukan revisi maka lakukanlah revisi.
g.       Evaluasi memerlukan data yang akurat dan cukup, hingga perlu pengalaman untuk pendalaman metode penggalian informasi.
h.      Evaluasi akan mntap apabila dilkukan dengan instrumen dan teknik yang aplicable.
i.        Evaluator hendaknya mampu membedakan yang dimaksud dengan evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi program.
j.         Evaluasi memberikan gambaran deskriptif yang jelas mengenai hubungan sebab akibat, bukan terpaku pada angka soalan tes.[28]
Selanjutnya dilihat dari pelaksanaannya evaluasi mempunyai tiga prinsip pokok, yaitu :
a.         Prinsip keseluruhan,
b.         Prinsip kontinuitas, dan
c.         Prinsip objektivitas.[29]

2.    Prinsip-Prinsip Umum Evaluasi Pembelajaran        
a.         Komprehensif
b.        Kegiatan evaluasi pembelajaran hendaknya dilaksanakan secara menyeluruh, yakni dengan mencakup seluruh aspek pribadi siswa, baik kognitif, afekif, maupun psikomotirik.
c.         Mengacu kepada tujuan
d.        Pelaksaaan evaluasi pembelajaran juga harus mengacu pada tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
e.         Objektif, Kegiatan evaluasi pembelajaran juga harus dilaksanakan secara objetif. Artinya apabila evaluasi dilaksanakan memang benar-benar sesuai dengan kenyataan yang ada.
f.         Kooperatif, Dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran, juga harus bekerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam kegitan evaluasi.
g.        Kontinyu, Evalusi pembelajaran harus dilaksanakan secara terus menerus atau berkesinambungan selama proses pelaksanaan pembelajaran.
h.        Praktis, ekonomis, dan mendidik, Evaluasi pembelajaran yang baik harus mudah dilaksanakan, rendah biaya, efisien waktu, tenaga serta bias mencapai tujuan secara optimal.[30]

Dari sekian banyak prinsip-prinsip evaluasi, ada satu prinsip umum dan penting dalam kegiatan evaluasi, yaitu adanya triangulasi, atau adanya hubungan erat antara tiga komponen yaitu :
a.       Tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan pembelajaran atau KBM, dan
c.       Evaluasi[31]

Terdapat prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam melakukan evaluasi untuk menunjang hasil evaluasi belajar yang diinginkan, yaitu :
a.       Keterpaduan,
b.      Keterlibatan siswa,
c.       Koherensi,
d.      Pedagogis, dan
e.       Akuntabilitas.[32]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar