Home » , , » Kesuksesan Iran Kirim Kera ke Antariksa Dipertanyakan

Kesuksesan Iran Kirim Kera ke Antariksa Dipertanyakan



Minggu, 3 Februari 2013 | 04:39 WIB


TEHERAN, KOMPAS.com — Pada 28 Januari lalu, Pemerintah Iran menyatakan telah berhasil meluncurkan seekor kera ke orbit Bumi menggunakan wahana angkasa Pishgam dan kembali dengan selamat.

Klaim ini diperkuat dengan kabar di sejumlah media Pemerintah Iran yang memperlihatkan para ilmuwan Iran tengah mengeluarkan kera itu dari wahana angkasa yang kembali mendarat di Bumi.

Namun, klaim Pemerintah Iran ini kemudian mengundang pertanyaan para pengguna dunia maya. Mereka mempertanyakan bahwa foto-foto yang dirilis Pemerintah Iran diduga menampilkan kera yang berbeda saat akan diluncurkan dan saat kembali di Bumi.

Saat akan diluncurkan, kera itu berbulu abu-abu muda dengan semacam tahi lalat berwarna merah di atas mata kanannya. Namun, foto yang diambil saat kera itu dikeluarkan dari kapsul Pishgam menunjukkan warna lebih gelap dan di atas mata kanannya tidak ada tahi lalat merah.

Perbedaan dalam kedua foto itu ditunjukkan sejumlah media Barat, yang memang sejak awal mempertanyakan klaim Pemerintah Iran itu. Terlebih lagi, upaya Iran sebelumnya mengirim kera ke angkasa luar pada 2011 berakhir dengan kegagalan.

Di situs jejaring sosial, beberapa komentar miring muncul menanggapi foto kera itu.

"Si kera pergi ke angkasa luar dan bertemu dokter yang menghilangkan tahi lalatnya," ujar seorang pengguna internet.

Hingga Sabtu (2/2/2013) malam, Pemerintah Iran sejauh ini belum menanggapi semua pertanyaan tersebut.

Dua situs berita yang dekat dengan Pemerintah Iran, Rajanews dan Nasimonline, tanpa mengutip sumber tertentu, mengatakan bahwa foto-foto kera yang dirilis sebelum peluncuran roket adalah arsip peluncuran kera pada 2011 yang gagal.

Namun, foto-foto yang dirilis seusai peluncuran adalah kera yang berhasil kembali dengan selamat dari orbit Bumi.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters