Home » » Bintang terbesar yang baru di temukan manusia

Bintang terbesar yang baru di temukan manusia


Begitu banyak benda-benda langit di alam semesta yang tak terhitung jumlahnya. Alam semesta yang begitu banyak menyimpan misteri seakan-akan membuat para ilmuwan astronom terus mencari tau bagaimana asal-usul penciptaan alam semesta.

Sejauh pengetahuan manusia hingga saat ini, bintang terbesar di alam semesta adalah VY Canis Majoris.

(sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/VY_Canis_Majoris). VY Canis Majoris berada di gugusan bintang Canis Major. Karena saking besarnya, ia termasuk salah satu bintang yang paling terang cahayanya. Letaknya sekitar 4.900 tahun cahaya dari bumi . Bintang ini pertama kali diketahui berdasarkan katalog dari Jerome Lalande pada 7 Maret 1801. Katalog tersebut mencatat VY Canis Majoris sebagai 7 bintang besar.

Sejak tahun 1847, VY Canis Majoris diketahui sebagai bintang merah. Dengan suhu sekitar 3000 K, suhu yang termasuk dingin untuk sebuah bintang bercahaya. Adakah bintang lain yang lebih besar dari VY Canis Majoris?. Sampai sekarang pun para ilmuwan masih mengungkap fakta-fakta sains mengenai keberadaan bintang lain yang memiliki massa yang lebih besar dan lebih massive daripada VY Canis Majoris.

Ukuran VY Canis Majoris dibandingkan Matahari. Profesor Roberta M. Humphreys dari Universitas Minnesota memperkirakan radius VY
CMa adalah 1800 hingga 2100 kali radius Matahari. Untuk mengilustrasikan, jika Matahari digantikan oleh VY CMa, radiusnya bisa melampaui orbit Saturnus. Cahaya membutuhkan lebih dari 2.7 jam untuk perjalanan mengelilingi keliling VY CMa, dibandingkan dengan 14.5 detik untuk Matahari. Untuk mengisi volume VY CMa, dibutuhkan 7 × 1015 Bumi.

Dan jika Bumi diwakili oleh bola dengan diameter 1 cm, Matahari diwakili bola dengan diameter 1 09 cm, dengan jarak antara keduanya 117 meter. Pada skala ini, VY Canis Majoris memiliki
diameter sekitar 2.3 kilometer. Tidak seperti bintang-bintang besar lainnya VY canis majoris adalah bintang tunggal dan bukan sistem bintang yang dalam satu tata surya memiliki lebih dari satu bintang.

Ukuran VY Canis Majoris sangatlah besar jika dibandingkan dengan tata surya kita besar diameternya kira-kira dari matahari sampai melampaui orbit Saturnus (9 kali jarak matahari ke bumi) atau 3.063.000.000 km, dan jika dilihat dari kecepatan cahaya VY Canis Majoris harus ditempuh 8 jam oleh kecepatan cahaya untuk mengitarinya.


perbandingan bumi dengan matahari 






http://www.kaskus.co.id/post/51389297e974b4cd7e000015

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters