Home » , » Rp 350 Miliar Per Orang, Tarif Wisata ke Luar Angkasa

Rp 350 Miliar Per Orang, Tarif Wisata ke Luar Angkasa



Rabu, 10 Oktober 2012 | 23:11 WIB


MOSKWA, KOMPAS.com - Penyanyi Inggris, Sarah Brightman, mengumumkan di Moskwa, Rusia, Rabu (10/10/2012) bahwa ia akan meluncur ke luar angkasa tahun depan, sebagai seorang turis luar angkasa ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Perjalanan sebagai turis ke luar angkasa ini digambarkan sebagai "perwujudan mimpi". Brightman bakal membayar tiket sedikitnya seharga Rp 350 miliar.
Brightman yang juga penyanyi soprano dan crossover berusia 52 tahun, dikenal perannya dalam West End musical seperti "the Phamtom of the Opera", akan menjadi turis pertama yang melanglang ke luar angkasa, setelah diluncurkan kembali program parawisata luar angkasa setelah dihentikan tahun 2009.
"Saya berencana menjadi partisipan penerbangan ke luar angkasa," ujar Brightman, dalam jumpa pers di Moskwa.
Jadwal perjalanan Brightman akan ditetapkan segera oleh Roscomos (badan luar angkasa Rusia) dan mitranya ISS.
Penerbangan membawa turis ke luar angkasa akan dibuka lagi pada tahun 2013. Sebelumnya, turis yang mengunjungi ISS dalam total delapan perjalanan, termasuk di dalamnya pendiri Cirque du Soleil dari Kanada, Guy Laliberte, dan pengusaha AS asal Iran, Anousheh Ansari.
Rusia menghentikan program perjalanan turis ke luar angkasa tahun 2009, disebabkan terbatasnya ruang dalam kapsul Soyuz yang hanya cukup untuk tiga kosmonot yang membawa mereka ke ISS.
Rusia kini ingin meningkatkan jumlah penerbangan Soyuz ke luar angkasa.
Perjalanan turis ke luar angkasa terakhir adalah Laliberte, yang kembali ke bumi pada Oktober 2009 setelah 11 hari melakukan perjalanan ke luar angkasa.
Turis luar angkasa pertama adalah Denis Tito yang berpergian ke ISS tahun 2001. Secara bersamaan, ada tujuh turis yang bepergian ke luar negeri setelah itu.
Laliberte tak mengungkapkan berapa dia membayar tiket untuk perjalanan turis ke luar angkasa. Namun pionir perangkat lunak AS, Charles Imonyi mengatakan membayar 35 juta dollar AS atau sekitar Rp 350 miliar untuk ongkos perjalanan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters