Home » , » China Kembali Kirim Manusia ke Luar Angkasa

China Kembali Kirim Manusia ke Luar Angkasa



Minggu, 10 Juni 2012 | 11:19 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China mengumumkan segera kembali meluncurkan misi luar angkasa pada suatu waktu pada Juni ini.  Sebuah roket yang akan mengangkut wahana angkasa Shenzhou 9 sudah dipindahkan ke wilayah utara negeri itu.

Jika peluncuran ini berhasil maka ini adalah misi luar angkasa China yang keempat sejak 2008. Menurut laporan kantor berita Xin Hua, misi ini akan membawa tiga astronot, kemungkinan membawa satu astronot perempuan.  Kemungkinan soal astronot perempuan ini, menurut Xin Hua, diperoleh dari Deputi Komandan Program Angkasa Luar Berawak China, Niu Hongguang.

Para angkasawan ini akan dibawa menuju modul angkasa Taingong 1.

Stasiun angkasa

Tahun lalu China menyelesaikan proses rumit manuver penyatuan sebuah wahana angkasa tak berawak dengan stasiun angkasa Taingong 1 dengan menggunakan pengendali jarak jauh. Para astronot dalam wahana Shenzou 9 nantinya juga akan menyatukan diri dengan Taingong 1 - sebuah modul eksperimental yang saat ini mengorbit Bumi.

Selain itu, para astronot ini juga akan melakukan eksperimen ilmiah di atas modul tersebut.

Misi Shenzou 9 ini adalah bagian dari program China mengembangkan sebuah stasiun angkasa yang secara penuh mengorbit Bumi. Beijing merencanakan untuk menyelesaikan pembangunan stasiun luar angkasa seberat 60 ton pada 2020.

Sebelumnya China menolak bergabung dengan program Stasiun Luar Angkasa Internasional yang dikerjakan 16 negara setelah mendapat keberatan dari Amerika Serikat.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters