Home » » PENGERTIAN INTUISI

PENGERTIAN INTUISI

Intuisi ialah : pandangan batiniah yang serta merta tembus mengenai suatu peristiwa atau kebenaran, tanpa pururutan pikiran, mirip ilham. Intuisi merupakan bentuk perkiraan yang samar – samar, sering setengah di sadari, tanpa di iringi proses berfikir yang cermat sebelumnya. Namun kemudian dapat menuntun pada satu keyakinan, yaitu secara tiba – tiba dan pasti memunculkan satu keyakinan yang tepat.
Intuisi ini sifatnya kreatif dan menjadi bagian dari kehidupan psikis yang tidak di sadari. Maka intuisi dapat di anggap sebagai bentuk berpikir “tembus lansung” dengan menggunakan wawasan insight menanggapi satu situasi.
Intuisi dalam pengertian “keyakinan terhadap kebenaran perangsang sendiri” tetapi belum ada buktinya itu sering berlansung dalam keadaan              sehari – hari. Pedagang – pedagang, para guru, dosen, dokter bedah, politikus dan lain – lainnya, dalam menimbang dan memutuskan sebagian besar dari perkara dan usahanya dengan instuisi. Namin tidak bisa di ingkari, bahwa pada intuisi ini tidak jarang muncul bahaya, yaitu orang bertindak spontan atau bertingkah implufis, hingga dia membuat kesalahan – kesalahan besar yang tidak berampun.
Pada umumnya kaum wanita lebih intuitif daripada kaum laki – laki, artinya sering mendapat intuisi. Hal ini mungkin di sebabkan bahwa kaum wanita pada umumnya lebih lama merenungkan sesuatu dan lebih banyak hidup dalam alam perasaan.


0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters