Home » » Penerapan Psikologi Dalam Bidang Kepemimpinan

Penerapan Psikologi Dalam Bidang Kepemimpinan

Pengetahuan tentang leadership dan management tak sedikit mempergunakan penemuan-penemuan dalam psikologi, karena yang dihadapi atau yang dipimpin adalah manusia atau segolongan manusia tertentu yang mempunyai sifat atau watak tersendiri. Oleh karena yang diperintah dan yang diatur di dalamnya adalah manusia, maka tidak heran apabila pemimpin pada suatu lembaga tertentu juga menggunakan pendekatan psikologi dalam beberapa aspek kehidupannya. Termasuk dalam hal ini antara lain :

  1. Bagaimana membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
  2. Bagaimana memberi pengarahan untuk menuju suatu tujuan yang dicita-citakan.
  3. Bagaimana pencegahan dan penyembuhan kekacauan negara, seperti pemberontakan, kriminal dan lain sebagainya.
Dalam pembangkitan semangat perstuan dan kesatuan bangsa, banyak diterapkan hasil penelitian yang berhubungan dengan "jiwa massa". Tokoh-tokoh politik, pemimpin-pemimpin besar, sering menggunakan pengetahuannya tentang "jiwa massa" dihadapan massa rakyatnya.


Para pemimpin suatu negara agaknya menyadari bahwa pengarahan bangsa menuju cita-cita negara cukup sukar dicapai tanpa melalui  aneka pendekatan. Hasil-hasil penelitian psikologis menerangkan bahwa pemuda merupakan warga bangsa, kader bangsa yang penuh potensi. Dengan pendekatan psikologis, maka pemerintahan berhasil memotivasi pemuda untuk berpatisipasi dalam pembangunan, dalam rangka menuju cita-cita negara.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters