Home » » Kedudukan Ilmu Pendidikan

Kedudukan Ilmu Pendidikan

Untuk mengetahuan kedudukan ilmu pendidikan diantara ilmu-ilmu pengetahua yang lain, kita penggunaan penggolongan seperti dibawah ini :
Ilmu pengetahuan digolongkan kedalam lima kelompok yaitu :
1. Matematika, yaitu ilmu-ilmu yang bersifat “serba pasti”. Termasuk golongan matematika antara lain ialah ilmu berhitung (Arithmatika), Ilmu aljabar, ilmu ukur (Geometri), dan ilmu Gaya (Mekhanika).
2. Fisika, yaitu ilmu-ilmu yang bersifat “kealaman” termasuk dalam golongan fisika ini antara lain : ilmu alam (fisika), ilmu kimia, ilmu tanah (Geologi), dan ilmu pertambangan (mineralogy).
3. Biologi, yaitu ilmu-ilmu yang mempelajari “alam hidup”(ilmu Hayat). Termasuk dalam golongan ilmu hayat ini diantaranya :ilmu tumbuh-tumbuhan (botanai), ilmu hewan termasuk ilmu manusia (zoology), juga ilmu manusia dalam arti Anthropologi, dan ilmu-ilmu bangsa-bangsa atau Ethnologi.
4. Kemasyarakatan-kejiwaan (Social Sciences), yaitu ilmu-ilmu yang mempelajari masalah-masalah kejiwaan dan masalah sosial manusia. Termasuk didalamnya antara lain : ilmu ethika, ilmu logika, ilmu jiwa, ilmu pendidikan, ilmu hukum, ilmu ekonomi, sosiologi, dan sebaginya.
5. Metafisika, yaitu ilmu-ilmu yang bersifat kefilsafatan. Termasuk didalamnya antara lain : ajaran tentang yang ada (Ontologia), ajaran tentang manusia (Anthropologi-Filsafi), ajaran tentang alam (Cosmologi), ajaran tentang Tuhan (Theodicee), dan sebaginya

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters