Home » , » .Keterampilan Bertanya

.Keterampilan Bertanya

Bertanya di dalam proses belajar mengajar merupakan kegiatan untuk memperoleh informasi dan meningkatkan kemampuan berfikir.

Pertanyaan yang dirumuskan dan digunakan dengan tepat akan menjadi alat komunikasi yang ampuh antara guru dan siswa. Pada hakikatnya melalui bertanya kita akan mengetahui dan mendapatkan informasi tentang apa saja yang ingin kita ketahui. Dikaitkan dengan proses pembelajaran maka kegiatan bertanya jawab antara guru dan siswa, atara siswa ini menunjukan adanya ineraksi dikelas yang di dinamis dan multi arah.

Ada 4 jenis pertanyaan yang dapat kita gunakan dalam melaksanakan tugas pembelajaran (1) pertanyaan permintaan (2) pertanyaan mengarahkan atau menuntun dan (3) pertanyaan yang bersifat menggali serta (4) pertanyaan retoris. Selain itu ada juga pertanyaan inventori yang terdiri dari 3 jenis yaitu (1) pertanyaan yang mengungkap perasaan dan pikiran (2) pertanyaan yang menggiring siswa untuk mengidentifikasi pola-pola perasaan pikiran dan perbuatan dan (3) pertanyaan yang menggiring peserta didik untuk mengidentifikasi akibat-akibat dari perasaan, pikiran dan perbuatan. Pertanyaan-pertanyaan berguna untuk memacu gagasan peserta didik misalnya dalam hal memancing gagasan/ide peserta didik dalam memecahkan masalah

Ada beberapa fungsi pertanyaan dalam proses belajar mengajar, diantaranya.
a. Memberikan motivasi kepada siswa untuk berfikir dan memecahkan masalah dengan kemampuan sendiri.
b. Memberikan motivasi kepada siswa untuk erperan akatif dalam proses belajar mengajar.
c. Memberikan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu masalah yang dihadapi atau dibicarakan.
d. Menuntun proses berfikir siswa karena dengan pertanyaan-pertanyaan yang baik dapat memantu siswa untuk menentukan jawaban yang baik.
e. Memusatkan perhatian siswa terhadap siswa yang dibahas.

Mohammad Ujer Usman, mengemukakan dalam ukunya Menjadi Guru Profesional, bahwa pertanyaan yang tersusun dengan baik dan teknik pelontaran yang tepat akan memberikan dampak positif terhadap siswa, diantaranya.
a. Meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
b. Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap suatau masalah yang sedang dihadapi atau dibicarakan.
c. Mengembangkan pola dan cara belajar aktif dari siswa sebab berfikir itu semdiri sesungguhnya dalah bertanya.
d. Menuntun proses berfikir siswa sebab pertanyaan yang baik akan membantu siswa agar dapat menentukan jawaan yang baik.
e. Seorang guru dalam mengajukan pertanyaan harus memperhatikan beberapa komponen keterampilan bertanya itu:
1) Pertanyan harus jelas dan singkat.
2) Pemberian acuan sebbelum memberikan pertanyaan.
3) Pemindahan giliran.
4) Penyebaran untuk melibatkan sebanyak-banyaknya didalam pelajaran.
5) Pemberian waktu berfikir.
6) Pemberian tuntutan.
f. Menutup pertanyaan adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri kegiatan belajar mengajar.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters