29 Mei 2013

Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran

a. Membuka pelajaran

Membuka pelajaran adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencipatakan prokondisi bagi murid agar mental maupun perhatian terpusat pada apa yang aan dipelajarinya sehingga usaha tersebut akan memberikan efek yang positif terhadap kegiatan belajar , kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar terpusat pada hal-hal yang akan dipelajarinya.

Tujuan membuka pelajaran adalah untuk menyiapan mental siswa agar siapa memasuki persoalan yang akan dipelajari atau dibicarakan.
Komponen keterampilan membuka pelajaran meliputi:
a. Menarik perhatian siswa. Banyak cara yang dapat digunakan untu menatik perhatian siswa anatar lain:
- Gaya mengajar guru
- Penggunaan alat bantu pengajaran
- Pola interasi yang bervariasi
b. Menimbulakan motivasi dengan cara:
- Disertai kehangatan dan keantusiasan
- Menimbulkan rasa ingin tahu
- Mengemukakan ide yang bertentangan
- Memperhatiakan minat siswa
c. Memberi acuan melalui berbagai usaha seperti:
- Mengemukakan tujuan dan batas-batas tugas
- Menyarankan langkah-langkah yang akan dilakukan
- Meningkatkan masalah pokok yang aan dibahas
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan
d. Membuat kaitan atau hubungan diantara materi-materi yang akan dipelajari dengan pengalaman da pengetahuan yang telah dikuasai siswa.

b. Menutup pelajaran
Menutup pelajaran merupakan kegiatan dan pernyataan guru untuk menyimpulkan atau mengakhiri kegiatan inti. Menutup pelajaran juga dapat dilakukan pada akhir setiap penggal kegiatan, misalnya mengakhiri kegiatan diskusi, tanya jawab, menindaklanjuti pekerjaan rumah yang telah dikerjakan siswa dan lain-lainnya.

Kegiatan menutup pelajaran dilakukan dengan maksud untuk memusatkan perhatian siswa pada akhir penggal kegiatan atau pada akhir pelajaran, misalnya merangkum atau membuat garis besar materi yang baru saja dibahas, mengkonsolidasikan perhatian siswa pada hal-hal pokok dalam pelajaran yang sudah- dipelajari, dan mengorganisasikan semua kegiatan ataupun pelajaran yang telah dipelajari menjadi satu kebulatan yang bermakna untuk memahami esensi pelajaran itu.

Cara yang dapat dilakukan guru untuk menutup pelajaran adalah:
1) Meninjau kembali penguasaan inti pelajaran dengan merangkum inti pelajaran dan memuat ringkasan.
2) Mengvaluasai, bentuk evaluasi yang dapat digunakan guru antara lain ialah:
- Mendemonstrasikan keterampilan
- Mengaplikasikan ide baru pada situasi lain
- Mengeksplorasikan pendapat siswa sendiri
- Memberiakan soal-soal sendiri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar