Home » » Gali Kolam Ikan, Warga Temukan Batu Bergambar Raksasa

Gali Kolam Ikan, Warga Temukan Batu Bergambar Raksasa



Batu candi bergambar raksasa ditemukan Untoro (35) warga Pulerejo, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, saat mengali kolam ikan. Untoro menuturkan, pada Rabu (17/9/2014) sore, dia mengali tanah untuk memperdalam kolam ikan miliknya. Sebab, selama ini ikan di kolam sering mati karena kedalamanya terlalu dangkal. 

Namun ketika Untoro menggali di sisi Barat kolam, cangkulnya mengenai benda yang keras. Bahkan, ketika berusaha di congkel untuk dipindahkan, cangkul yang digunakan patah. "Saya congkel, cangkulnya sampai patah, lalu saya lihat. Ternyata batunya cukup tebal," ujar Untoro Sabtu (20/9/2014).

Merasa penasaran, Untoro lantas mencoba mengali sisi-sisinya dan membersihkan dengan air. Ketika sedikit terbuka, Ia melihat batu yang ditemukanya berbentuk kotak tebal dan ada gambar raksasa.

"Dulu dalamnya hanya sekitar satu meter, lalu saya ingin tambah satu meter lagi. Malah di pinggir nemu batu itu," ucapnya. 

Untoro mengungkapkan, karena batu yang ditemukan terasa besar dan mirip dengan batu candi, maka pada hari Kamis (18/9/2014) dia melaporkan temuan itu ke Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta. 

"Sudah dicek oleh petugas BPCB. Lalu hari Jumat kemarin dilakukan pengalian dan langsung diangkat," kata dia.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters