Home » » Tiongkok Serius Kembangkan Program Luar Angkasa

Tiongkok Serius Kembangkan Program Luar Angkasa



Tampaknya Tiongkok begitu serius dalam mengembangkan program luar angkasa berawak. Hal itu terbukti dengan rencana negeri tirai bambu itu bekerjasama dengan negara yang sudah lama berkecimpung di bidangnya, seperti Rusia dan Eropa.

Bila itu terlaksana maka tak dipungkiri Tiongkok akan mengirimkan orang pertama di negaranya yang bertugas menjelajah luar angkasa.

Yang Liwei, Wakil Kepala Badan Antariksa Berawak Tiongkok, seperti yang diberitakan laman Xinhuanet.com, Kamis, 11 September 2014, mengatakan bahwa Tiongkok sudah menjalin pelatihan bersama dan pertukaran astronaut. Negara ini telah melakukan kerja sama ini dengan Rusia, Amerika, dan Eropa.

Selain itu juga, antarkedua pihak telah melakukan percobaan ilmiah terkait dengan ruang angkasa dan membantu dalam penyeleksian astronaut di Tiongkok.

Lebih lanjut lagi, Liwei mengungkapkan astronaut dari Tiongkok bersama negara lain sudah melakukan sejumlah pelatihan di China Astronaut Center dan Eropa Astronaut Center.

"Saya sendiri menerima program pelatihan mikro-gravitasi di Rusia dalam misi Shenzhou-8. Kerja sama kedua negara akan meliputi 17 percobaan sains kehidupan di angkasa," kata Liwei.

Dia mengatakan Tiongkok memiliki platform mengenai misi ruang angkasa. Platform tersebut bisa digunakan dengan negara lain melalui kerja sama yang akan dijalani.

"Tiongkok berharap juga untuk bekerja sama dengan negara lain dalam teknologi stasiun ruang angkasa, pelatihan astronot, rancangan program, peralatan penelitian dan pengembangan, dan bahkan melakukan misi bersama," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters