Home » » Misi India ke Mars Sukses, Tiongkok "Panas"

Misi India ke Mars Sukses, Tiongkok "Panas"



Kesuksesan India dalam mengorbitkan satelitnya di planet Mars, membuat negara-negara lain iri. Apalagi, dana yang dikeluarkan India terbilang minim. 

Salah satu negara yang "panas" melihat keberhasilan India itu adalah China. Bahkan, agenda misi ke Mars yang sudah diusung negeri tirai bambu tersebut diklaim akan menjadi yang lebih baik dari India.

Menurut kantor berita Tiongkok, Xinhua, dilansir IBTimes, Sabtu 27 September 2014, para ahli dari negeri tersebut sudah menetapkan sejumlah strategi untuk perjalanan menuju ke Mars.

"Rencana itu akan segera terlaksana dengan mengirim rover ke Mars pada tahun 2020," ungkap Ouyang Ziyuan, seorang ilmuwan terkemuka yang bergelut dalam program ke bulan.

Beberapa tahun lalu, Tiongkok telah berhasil meluncurkan rover yang dikenal dengan Yutu. Rover ini sukses mendarat serta menjelajahi permukaan bulan.

Penasihat desain kendaraan ruang angkasa Tiongkok, Ye Peijian, mengatakan bahwa India telah melangkah maju dan membuat Tiongkok tertingal. "Jadi, kita harus melakukan dengan lebih baik dari India," ucapnya.

Ye menambahkan Tiongkok perlu mempunyai sejumlah teknologi yang mumpuni serta mendukung dalam misi mengorbitkan dan mendarat di planet merah itu.

Namun, sebelum mewujudkan misi tersebut, Tiongkok sudah mengagendakan misi penelitian asteroid yang berada di dekat Bumi, Venus, Jupiter, kemudian Mars dengan roketnya.

Long Lehao, Kepala Desainer Roket Tiongkok mengatakan roket tersebut akan segera diluncurkan pada akhir tahun depan dan dipastikan hal tersebut akan meningkatkan kemampuan Tiongkok dalam urusan eksplorasi ruang angkasa.

"Secara umum, kita akan memiliki roket yang lebih kuat dan lebih besar dari India," jelas Long. (ita)

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters