Home » , » Planet Layak Huni Ada di Bimasakti

Planet Layak Huni Ada di Bimasakti

PASADENA-- Para astronom memperkirakan dari 100 milliar bintang di galaksi Bimasakti memiliki planet potensial untuk dihuni. Dijelaskan, dengan menggunakan data dari teleskop Kepler milik NASA, mereka berpendapat satu dari lima bintang memiliki kesamaan dengan matahari yang memiliki planet seukuran Bumi. 
Planet-planet tersebut dikategorikan sebagai "potensial huni" karena memiliki zona atau jarak tertentu dengan matahari, sehingga suhu planet dapat menjaga air sebagai elemen kunci kehidupan dan tetap berada dalam bentuk cair di permukaan. Riset ini dipublikasikan secara rinci dalam jurnal PNAS.
"Ini berarti, ketika Anda melihat ribuan bintang di langit malam, bintang mirip Matahari yang berpotensi memiliki planet layak huni mungkin hanya berjarak 12 tahun cahaya dan bisa dilihat dengan mata telanjang," kata salah satu peneliti Erik Petigura, dari Universitas California, Berkeley seperti dilansir telegraph (5/11).
Belum jelas apakah ada kehidupan di planet-planet mirip Bumi tersebut. Yang pasti penemuan ini menunjukkan bahwa planet seperti Bumi merupakan jenis yang umum ditemui di Galaksi Bima Sakti.
Namun, sejumlah anggota peneliti mengatakan walaupun planet seukuran Bumi ditemukan di zona layak huni, tidak ada jaminan bahwa planet ini bisa mendukung kehidupan. "Beberapa mungkin memiliki atmosfir yang sangat tipis sehingga permukaan akan memiliki suhu panas. Molekul semacam DNA tidak akan bertahan," kata peneliti Geoff Marcy, profesor astronomi di Berkeley.
"Namun, sebagian mungkin memiliki permukaan yang pas untuk menampung air yang cocok untuk organisme," lanjutnya.
Diluncurkan pada 2009, teleskop Kepler memiliki misi untuk mencari planet mirip Bumi yang memiliki jarak orbit tertentu dengan Matahari. 
Kepler yang baru-baru ini dipensiunkan bekerja dengan mendeteksi variasi periodik pada kecerahan bintang. Pada Januari 2013, para astronom yang menggunakan data Kepler memperkirakan bahwa setidaknya ada 17 miliar planet seukuran Bumi di Galaksi Bima Sakti. Dan pada Juli lalu, sejumlah astronom mengumumkan penemuan planet berwarna biru tua yang mirip dengan Bumi. 

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters