Home » , » Bumi pernah ditabrak asteroid dengan diameter 23 mil

Bumi pernah ditabrak asteroid dengan diameter 23 mil

Merdeka.com - Banyak dari para ilmuwan dan arkeolog percaya bahwa asteroid terbesar yang pernah menabrak bumi adalah Chicxulub. Asteroid ini memiliki ukuran lebar sekitar 6 mil atau sekitar 10 kilometer.

Akan tetapi, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ada super asteroid lain yang lebih besar dari Chicxulub pernah menabrak bumi. Apabila Chicxulub membentur bumi sekitar 65 juta tahun lalu, maka asteroid raksasa yang memiliki lebar 23 mil ini mengenai bumi sekitar 3,26 miliar tahun lalu.

Dikutip dari Huffington post (10/04), dikarenakan tumbukan ini, seluruh planet ini terguncang selama beberapa jam lamanya dan lautan mendidih.
Asteroid
Dalam model penelitian yang dilakukan oleh seseorang pakar geologi bernama Dr Donald Lowe dari Standford University ini memperlihatkan perkiraan asteroid tersebut seperti sebuah bola raksasa yang memiliki ukuran lebih besar dari pegunungan Everest atau juga dari keseluruhan pulau Hawaii.

Diperkirakan juga, kecepatan tumbukan asteroid itu ke bumi sekitar 20 km/detik dan menimbulkan gempa berkekuatan 10,8 skala Ritcher, menaikkan suhu lautan, membakar langit, melahirkan tsunami raksasa dan menciptakan kawah dengan diameter 300 mil atau setara jarak antara New York dan Washington D.C.

Penelitian tersebut mengambil sample fraktur dari lapisan batuan di Afrika Selatan di daerah yang dikenal dengan nama Barberton atau diketahui sebagai formasi batuan tertua di dunia.

Kira-kira, apa jadinya apabila ada asteroid sebesar dan miliki kecepatan tumbukan seperti itu kembali menabrak bumi di waktu sekarang?

1 komentar:

  1. wah jangan sampe deh mas asteroid menabrak bumi sekarang ini bisa kiamat jadinya :)

    BalasHapus

Flag Country

free counters