Home » » Tersedia Layanan Tabur Abu Jenazah dari Antariksa

Tersedia Layanan Tabur Abu Jenazah dari Antariksa

Tersedia Layanan Tabur Abu Jenazah dari Antariksa


Ritual membakar jenazah memang telah dilakukan oleh beberapa masyarakat tertentu. Abu hasil pembakaran mayat itu biasanya dibuang ke laut lepas atau sungai. Ritual ini diyakini sebagai simbol melepaskan roh dari belenggu duniawi. 
Namun ada cara lain untuk menghormati abu jenazah yang bisa membuat kita mengernyitkan dahi. Alih-alih membuang abu di laut atau sungai, secara ekstrim perusahaan asal Kentucky, Amerika Serikat, Mesoloft, menyediakan layanan penaburan abu jenazah dari luar bumi alias dari antariksa.

Melansir Daily Mail, Senin 15 Desember 2014, layanan ini menjanjikan penaburan abu jenazah dengan menggunakan balon udara. Balon itu akan terbang pada ketinggian 22 Km dari atas pemukaan bumi, begitu mencapai titik itu, balon akan secara otomatis membuka dan abu jenazah ditaburkan.

"Saat balon mencapai ketinggian yang seharusnya, bagian bawah balon akan membuka muatan. Karena ini berada di wilayah kedap, maka akan menarik melihat abu keluar," jelas perusahaan itu. 

Mengingat ketinggian itu sudah berada di luar atmosfer, maka kemungkinan abu akan berada di antariksa selama berbulan-bulan sebelum sampai ke permukaan bumi.

Perjalanan abu ini berbeda dengan abu letusan gunung vulkanik, yang bisa mencapai daratan dalam hitungan hari bahkan jam. Sebab abu vulkanik melambung di bawah lapisan atmosfer. 

"Para ilmuwan tak tahu berapa lama abu akan berada di ketinggian seperti kita melihat abu letusan vulkanik. Mungkin butuh waktu berbulan-bulan untuk sampai ke bumi," tulis perusahaan tersebut.


Layanan penaburan abu di antariksa itu juga bakal makin jadi momentum tak terlupakan. Sebab perusahaan juga menyertakan kamera GoPro, untuk mengabadikan langsung detik-detik penaburan abu dari antarksa. 
Dengan demikian, kerabat dan keluarga almarhum bisa menyaksikan momentum ini dari daratan melalui perangkat komputasi. 

Penaburan abu yang tak lazim ini menawarkan pilihan harga. Paket mulai dari US$2800 (Rp35,4 juta) untuk peluncuran balon dari wilayah Indiana, Colorado dan New Mexico, AS dan paket lain seharga US$7500 (Rp94,9 juta) untuk opsi peluncuran dari lokasi manapun sesuai keinginan.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters