Home » » Jepang Kirim Robot untuk Ledakkan Asteroid

Jepang Kirim Robot untuk Ledakkan Asteroid

Jepang Kirim Robot untuk Ledakkan Asteroid


Setelah terkendala masalah cuaca, Badan Penjelajah Antariksa Jepang (JAXA), akhirnya berhasil meluncurkan robot ruang angkasa generasi kedua, Hayabusa 2, untuk mendarat di permukaan asteroid.

Peluncuran tersebut telah dilakukan JAXA di Tanegashima Space Center. Itu terletak di selatan negara Jepang. Dalam, peluncuran itu tidak ada kendala yang berarti sampai Hayabusa mampu menembus atmosfer dan memulai perjalanannya selama enam tahun.

Dilansir, Channel News Asia, Kamis 4 Desember 2014, badan antariksa negeri "Matahari Terbit" itu akan mengambil sampel dari asteroid 1999JU3. Asteroid tersebut menjadi target untuk menemukan jawaban tentang awal kehidupan dan alam semesta.

Meski misinya hampir sama dengan Philae yang menargetkan pendaratan di asteroid 67P/CG, Hayabusa 2 tidak akan mendarat di asteroid yang dtargetkan. Robot itu dilengkapi dengan sebuah alat yang dapat meledakkan asteroid, sehingga ketika puing-puingnya bertebaran, Hayabusa akan mengumpulkan puing tersebut dan dijadikan sampel batu ruang angkasa untuk dibawa kembali ke Bumi.

"Jika mampu membawa kembali materi (asteroid), dengan cara kami, maka kami menyebutnya sukses," ungkap Akitaka Kishi, Wakil Manajer Lunar and Planetary Eksploration Program.

Kishi melanjutkan, sampel berupa batu-batu dan pasir, hasil pengambilan Hayabusa 2, akan ditindaklanjuti dengan analisis temuan tersebut.

"Untuk umat manusia, ini akan menjadi temuan baru yang mungkin bisa berarti penemuan baru bagi manusia. Membawa kembali materi merupakan salah satu tujuan, tetapi hasil penelitian dari temuan tersebut adalah masa depan," papar Kishi.

Hayabusa, yang disebut sebagai misi yang menghabiskan dana senilai US$260 juta ini, diperkirakan mencapai asteroid pada pertengahan 2018. Di sana, robot tersebut akan menghabiskan waktu selama 18 bulan untuk menjelajah asteroid 1999JU3 yang berada dekat dengan Bumi.

Bila sudah menyelesaikan misinya, Hayabusa 2 akan kembali ke Bumi pada akhir 2020.

Sebelumnya, JAXA telah sukses meluncurkan robotik Hayabusa generasi pertama pada 2003 dan mendarat di asteroid Itokawa. Namun, sayangnya saat itu terkendala masalah teknis, sehingga ilmuwan kehilangan komunikasi dengan Hayabusa.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters