Home » , » Ledakan Misterius Bintang Ini Sejuta Kali Kilau Matahari

Ledakan Misterius Bintang Ini Sejuta Kali Kilau Matahari



Ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil menangkap citra ledakan salah satu bintang terbesar, V838 Monocerotis. Bintang ini merupakan bintang merah yang terletak di konstelasi Manoceros. 

Sebelum meledak, V838 telah tumbuh menjadi salah satu bintang terbesar yang pernah diamati oleh para astronom. Kemampuan bintang ini disebutkan mampu menghasilkan cahaya 600 ribu kali lebih banyak dari matahari, Daily Mail, Senin 16 Juni 2014. 

Ledakan bintang yang direkam dari kumpulan data teleskop Hubble mulai 2002 hingga 2006 itu menunjukkan fenomena yang berbeda. Bila biasanya ledakan supernova--ledakan sebuah bintang dalam sebuah galaksi-- diikuti dengan lontaran material di antariksa, namun ledakan dari V838 tidak.

Alih-alih menghalangi pandangan, bintang V838 justru menampilkan kilau cahaya yang sangat terang, disebutkan satu juta kali lebih kilau matahari. Tak heran, saat meledak, V838 mampu menciptakan gema cahaya berkembang yang menerangi debu kosmik di sekitar bintang itu. 

Astronom mengaku sebelumnya belum pernah melihat ledakan seterang dan sekilau ledakan V838.

NASA menganalisis kedahsyatan cahaya dari kilau ledakan itu. Luas ledakan itu sampai di sekitar lapisan bintang besar itu. Struktur mirip pusaran air pada bintang V838, kemungkinan dihasilkan oleh efek medan magnet dalam ruang angkasa diantara bintang-bintang tersebut. 

Masih misterius

Sejauh ini ledakan bintang itu masih menyisakan misteri. Para ilmuwan tidak mengetahui apa yang menyebabkan bintang raksasa itu meledak. Ilmuwan awalnya memperkirakan ledakan adalah hasil dari supernova atau denyut panas dari bintang yang tengah sekarat. 

Namun asumsi itu telah dikesampingkan usai temuan bintang V838 yang diprediksi merupakan bintang muda. 

"Saat dikombinasikan dengan kilau tinggi dan perilaku ledakan yang tak biasa, karakteristik itu mengindikasikan binatang V838 mewakili jenis ledakan bintang yang belum diketahui," tulis laporan paper dari US NAVAL Observatory, University of Arizona dan Badan Antariksa Eropa (ESA). 

Paper kolaborasi itu menyatakan peneliti belum mendapatkan penjelasan fisik yang benar-benar memuaskan. 

Posisi V383 terletak sekitar 20 ribu tahun cahaya arah konstelasi Monoceros, sedangkan gema cahaya dalam gambar terletak berdiamater sekitar 6 tahun cahaya.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters