Home » » Buat ratusan satelit, apa yang diinginkan Google?

Buat ratusan satelit, apa yang diinginkan Google?



Inovasi dari Google seakan tak ada habisnya. Setelah membuat mobil otomatis untuk menguasai 'daratan', kini mereka juga berkeinginan untuk menguasai angkasa.
Menurut Wall Street Journal (1/6), perusahaan ini rela menghabiskan lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 11 triliun lebih untuk membuat ratusan satelit yang kelak digunakan untuk menyambungkan akses internet ke seluruh dunia secara wireless, bahkan untuk tempat-tempat yang sangat terpencil sekalipun.
Nantinya akan ada 180 satelit ukuran kecil yang siap mengudara di orbit bawah bumi untuk menyebarkan akses internet. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, satelit-satelit ini diklaim mempunyai kapasitas data yang besar.
Proyek satelit ini diyakini sebagai kelanjutan dari proyek Loon yang menggunakan balon udara sebagai media penyebaran akses internet ke area-area terpencil yang sebelumnya juga digarap oleh Google.
Google sendiri juga yakin jika mereka bisa segera 'balik' modal dari proyek bernilai belasan triliunan ini. Mereka beranggapan jika dengan naiknya jumlah orang yang mengakses internet juga berpengaruh dengan meningkatnya jumlah iklan yang mungkin dilirik oleh konsumen, Engadget (1/6).
Sebelumnya, Google juga bereksperimen dengan membuat pesawat tanpa awak atau droneuntuk menggantikan proyek Loon. Bersama dengan perusahaan yang baru diakuisisinya, Titan Aerospace, Google membangun drone bertenaga surya untuk menyediakan layanan internet ke seluruh dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters