Home » , » Ditemukan planet mirip bumi dengan waktu 1 tahun hanya 45 hari

Ditemukan planet mirip bumi dengan waktu 1 tahun hanya 45 hari



Pencarian tempat tinggal selain bumi terus dilakukan oleh para peneliti di seluruh dunia. Kembali ditemukan satu planet yang diperkirakan layak bumi dengan ukuran sangat besar.

Berdasarkan laporan dari The Harvard-Smithsonian Center For Astrophysics, para peneliti menemukan satu planet super besar yang diperkirakan layak huni dan memiliki karakteristik mirip bumi.

Dikatakan besar karena masa 17 kali lebih besar dibandingkan planet yang dihuni manusia ini. Dikutip dari Business Insider (03/06), planet yang disebut dengan Mega-Earth ini memiliki gas hidrogen yang menyelimutinya, mirip seperti yang ada di Jupiter.

Kepler-10c atau nama planet tersebut memiliki diameter 18 ribu mil dan 2,3 kali ukuran bumi. Letak dari planet ini sekitar 560 tahun cahaya dari bumi dengan perkiraan satu tahun hanya 45 hari saja di sana.

Sisi menariknya, planet tersebut berada di sebuah sistem tata surya lain yang lahir sekitar 3 miliar tahun setelah terjadinya Big Bang atau dentuman besar yang menurut para pakar adalah awal terbentuknya tata surya kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters