Home » , » Asteroid Seukuran Bus Melintas di Dekat Bumi

Asteroid Seukuran Bus Melintas di Dekat Bumi






Sebuah asteroid seukuran bus datang dalam jarak 186 mil atau sekitar 299.338 kilometer dari Bumi pada Sabtu pagi, 3 Mei 2014. Asteroid yang dinamai HL129 ini terdeteksi lebih dekat ke Bumi daripada ke Bulan, yang jaraknya 238.855 mil dari planet kita.

Asteroid ini memiliki lebar sekitar 7,6 meter seperti diutarakan Asteroid Watch NASA yang berbasis di Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California. Jika jatuh ke Bumi, menurut lembaga ini, asteroid itu akan menyebabkan kerusakan yang signifikan--separuh dampak bom nuklir di Hiroshima pada 1945.

Asteroid ini ditemukan pada Rabu, 28 April 2014, oleh para astronom dari Mount Lemmon Survey. Hingga kini, ilmuwan NASA dan peneliti di seluruh dunia terus memonitor asteroid ini dan asteroid lain yang berpotensi menghantam permukaan Bumi.

Penelitian baru mengungkapkan planet kita sangat rentan terhadap dampak asteroid. Trio mantan astronot yang kini tergabung dalam B612 Foundation menyatakan Bumi saat ini sepuluh kali lebih mungkin berbenturan dengan batuan luar angkasa daripada sebelum-sebelumnya, dan tak ada cara untuk menghindarinya.

Meskipun sebagian besar ledakan terjadi di udara dan atmosfer, tak menutup kemungkinan benda luar angkasa ini akan mencium permukaan Bumi. Sepanjang 2000-2013, asteroid yang menabrak bumi menyebabkan 26 ledakan berskala bom nuklir.

Dampak paling dramatis terjadi ketika sebuah benda luar angkasa meledak di Tunguska, Siberia, pada 1908, dengan menghasilkan energi setara dengan ledakan 5.000-15.000 ton TNT. Suatu daerah hutan seluas 770 mil persegi (sekitar 2.000 kilometer persegi) diratakan oleh ledakan itu.

Dampak mengerikan tabrakan asteroid dengan bumi menjadi subyek film Armageddon,yang dibintangi Bruce Willis, dan Deep Impact, yang dibintangi Morgan Freeman. 


0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters