Home » , » 2016, Mars akan digali oleh NASA

2016, Mars akan digali oleh NASA


Penelitian untuk mencari bukti bisa tidaknya planet Mars dihuni oleh manusia akan memasuki babak baru, karena NASA kembali berusaha menyingkap rahasia di bawah bebatuan si planet merah.
Setelah berulang kali gagal menggali dataran Mars menggunakan Mars Rover atau alat 'pembajak' batuan Mars, kini NASA bekerja sama dengan negara-negara di Eropa akan meluncurkan misi baru ke planet tersebut, InSight.
Menurut Daily Mail (20/5), rencananya InSight akan lepas landas dari pangkalan udara milik AS di California Maret tahun 2016. Dan dijadwalkan mendarat di permukaan Mars 6 bulan setelahnya atau di bulan September.
InSight sendiri nantinya memuat peralatan penggali untuk memonitor karakteristik dataran dan lapisan dalam Mars. Dibekali dengan lengan robotik, Insight akan membenamkan alat pendeteksi seismik dan pendeteksi panas sekaligus.
Dengan kedua alat ini, peneliti NASA bisa memantau gelombang atau gempa yang dihasilkan oleh benturan meteor dan pergerakan planet itu sendiri. Panas dari inti Mars pun akan dapat terus dimonitor, untuk mencari tahu apakah inti Mars terdiri atas zat padat atau 'cair' seperti Bumi.
Lewat kedua data tersebut, peneliti berharap segera mendapatkan jawaban seberapa 'bersahabat' Mars jika ditinggali oleh manusia.
Misi ini akan memakan waktu 720 hari atau sekitar 2 tahun. Proyek InSight merupakan hasil adaptasi dari proyek NASA sebelumnya, NASA Phoenix Mars Lander, yang sukses meneliti es dan tanah bagian utara planet Mars di tahun 2008.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters