Home » » Pesawat Virgin Meledak, Penyelidik: Mungkin Salah Kopilot

Pesawat Virgin Meledak, Penyelidik: Mungkin Salah Kopilot

Pesawat Virgin Meledak, Penyelidik: Mungkin Salah Kopilot


Teka-teki meledaknya pesawat SpaceShiptTwo pada Jumat pekan lalu, lambat laun terkuak. Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB) mengatakan, kopilot yang tewas tersebut diduga salah dalam mengendalikan pesawat.

Dilansir Los Angeles Times, Selasa 4 November 2014, kopilot SpaceShipTwo yakni Michael Alsbury, diduga terlalu awal dalam membuka kontrol aerodinamis pada pesawat ruang angkasa tersebut.

"Dia (Alsbury) duduk di kursi yang tepat. Namun, dia membuka tuas yang mungkin telah menyebabkan ekor pesawat ruang angkasa itu naik dan menciptakan hambatan, yang dikenal dengan feathering," ungkap ketua investigator dari NTSB, Christopher Hart.

Menurut NTSB, tindakan prematur tersebut dilakukan sebelum SpaceShipTwo meledak di angkasa dan puing-puingnya berserakan di gurun Mojave, California.

"Kesalahan pilot mungkin menjadi penyabab utama kecalakaan itu," kata Hart.

Untuk melengkapi dugaan tersebut, NTSB akan menyelediki pilot SpaceShipTWo yang selamat dari tragedi nahas tersebut, yaitu Peter Siebold. Namun, untuk saat ini pihak penyelidik belum bisa mewawancarai Siebold yang masih dirawat secara intensif di rumah sakit setempat akibat luka parah yang dideritanya.

NTSB pun ikut melibatkan pihak lain yang tergabung dalam kelompok kinerja manusia untuk menyelidiki kecelakaan tersebut. Diperkirakan lembaga tersebut membutuhkan waktu setidaknya satu tahun lamanya untuk menyelesaikan penyelidikan.

Namun, CEO Galactic George Whitesides sedikit mengabaikannya dengan mengaku telah merancang sebuah pesawat baru yang akan rampung pada akhir tahun dan disiapkan dapat mengudara pada Maret 2015.

Dalam program yang diagendakan Virgin Galactic dengan pengalaman wisata ke ruang angkasa tersebut, setidaknya ada sekitar 700 calon penumpang yang telah mengantre dengan nilai tiket sebesar Rp3 miliar. Diantara calon penumpang tersebut, terdapat para pesohor dunia macam Katty Perry, Lady Gaga, dan Justin Bieber.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters