Strategi ini berdasarkan strategi kognitif yang relatif masih aktual. Strategi ini bernama strategy program for effective learning/ teaching disingkat SPELT. Strategi ini sengaja direkayasa untuk memperbaiki dan meningkatkan efektivitas belajar dan berfikir siswa, terutama yang menduduki kelas akhir sekolah dasar dan kelas-kelas sekolah menengah. Secara eksplisit tujuan strategi ini ialah membuat siswa menjadi:
a. Penuntut ilmu yang aktif sebagai pemikir dan pemecah masalah
b. Penuntut ilmu yang mandiri, memiliki rencana dan strategi sendiri yang efisien dalam mendekati belajar
c. Penuntut ilmu yang lebih sadar dan lebih mampu dalam mengendalikan proses berpikirnya sendiri (metacognitive awareness).
Dalam melaksanakan strategi SPELT, guru perlu mengikuti tiga macam langkah panjang dan terpisah dalah arti mengambil waktu yang berbeda tetapi berurutan.
1. Direct strategy instruction (pengajaran dengan strategi langsung)
2. Teaching for transfer ( mengajar untuk mentransfer strategi)
3. Generating elaborative strategies (pembangkitan strategi belajar siswa yang luas dan rinci)
Langkah-langkah ini dapat diberlakukan untuk semua program pengajaran, khususnya program pengajaran yang pelaksanaannya menggunakan metode ceramah, ceramah campuran/ ceramah plus.
0 komentar:
Posting Komentar