Dalam pendidikan, media difungsikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajatan. Karenanya, informasi yang terdapat dalam media harus dapat melibatkan siswa, baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas nyata, sehingga pembelajaran dapat terjadi. Kemp dan Dayton (1985 : 3-4) mengemukakan beberapa hasil penelitian yang menunjukkan dampak ppositif dari penggunaan media sebagai bagian integral pembelajaran di kelas atau sebagai cirri utama pembelajaran langsung.
Dale (1969 : 180) mengemukakan, bahwa bahan-bahan audio visual dapat memberikan banyak manfaat, asalkan guru berperan aktif dalam proses pembelajaran, karena hubungan guru dan siswa tetap merupakan elemen penting dalam suatu sistem pendidikan, baik tradisional maupun modern.
Sudjana dan Riva'I (1992 : 2) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar, yaitu sebagai berikut :
a. Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa
b. Bahan belajar akan lebih jelas maknanya
c. Metode mengajar akan lebih bervariasi
d. Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar.
Dari beberapa urian di atas maka dapat disimpulkan beberapa manfaat dari penggunaan media, yaitu :
a. Media pembelajaran dapa memperjelas penyajian pesan dan informasi
b. Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak
c. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu
d. Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka.
0 komentar:
Posting Komentar