Home » » Nilai Dan Manfaat Media Pembelajaran

Nilai Dan Manfaat Media Pembelajaran


Menurut Encyclopedia of educational research, dalam buku Oemar Hamalik , Media Pendidikan (1985) bahwa  nilai dan manfaat media pendidikan adalah sebagai berikut:
1.      Meletakkan dasar-dasar yang kongkrit untuk berpikir untuk “verbalisme”
2.      Memperbesar perhatian para siswa
3.      Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar dan oleh karena itu membuat pelajaran lebih menetap.
4.      Membarikan pengalaman yang nyata, yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri dikalangan siswa.
5.      Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinu, hal ini terutama terdapat dalam gambar hidup
6.      Membantu tumbuhnya pengertian dan dengan demikian membantu perkembangan kemampuan berbahasa
7.      Memberikan pengalaman-pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain serta membantu berkembangnya efisiensi yang lebih mendalam serta keragaman yang lebih dalam belajar.

Selain dari itu juga terdapat sejumlah nilai praktis dari media pendidikan, sebagai berikut:
1.      Media pendidikan melampaui batas pengalaman pribadi siswa
2.      Media pendidikan melampaui batas-batas ruangan kelas
3.      Media pendidikan memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara siswa dan lingkungannya
4.      Media pendidikan memberikan uniformitas/kesamaan dalam pengamatan
5.      Media pendidikan akan memberikan pengertian/konsep yang sebenaranya secara realistis dan teliti
6.      Media pendidikan membangkitkan keinginan dan minat-minat yang baru
7.      Media pendidikan membangkitkan motivasi dan perangsang kegiatan belajar
8.      Media pendidikan akan memberikan pengalaman yang menyeluruh.

Sedangkan dalam buku Azhar Arsyad, Media pengajaran (2009) bahwa manfaat dari media pembelajaran sebagai berikut:
1.      Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapar memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar
2.      Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai kemampuan dan minatnya.
3.      Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu
4.      Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa dilingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masayarakat, dan lingkungannya misalnya melalui karyawisata, kunjungan-kunjungan ke meseum atau kebun binatang.

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters