Evaluasi merupakan bagian integral dari suatu proses instruksional. Tujuan dari evaluasi media pembelajaran antara lain:
- Menentukan apakah media pembelajaran itu efektif
- Menentukan apakah media itu dapat diperbaiki atau ditingkatkan
- Menetapkah apakah media itu cost-efective dilihat dari hasil belajar siswa
- Memilih media pembelajaran yang sesuai untuk dipergunakan dalam proses belajar didalam kelas
- Menentukan apakah isi pelajaran sudah tepat disajikan dengan media tersebut
- Menilai kemampuan guru menggunaka media pembelajaran
- Mengetahui apakah media pembelajaran itu benar-benar memberi sumbangan terhadap hasil belajar seperti yang dinyatakan
- Mengetahui sikap siswa terhadap media pembelajaran
Evaluasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti diskusi kelas dan kelompok interviw perorangan, observasi mengenai perilaku siswa, dan evalusai media yang telah tersedia.
Evaluai bukan akhir dar siklus pembelajaran, tetapi ia merupakan aal dari suatu siklus pembelajaran berikutnya.
Kriteri dalam mereviw perangkat lunak media pembelajaran yang berdasarkan kepada kualitas
- Kualitas isi dan tujuan
- Ketepatan
- Kepentingan
- Kelengkapan
- Keseimbangan
- Minat / perhatian
- Keadilan
- Kesesuaian dengan situasi siswa
- Kualitas instruksional
- Memberikan kesempatan belajar
- Memberikan bantuan untuk belajar
- Kualitas memotivasi
- Fleksibilitas instruksionalnya
- Hubungan dengan program pembelajaran lainnya
- Kualitas sosial interaksi instruksionalnya
- Kualitas tes dan penilaiannya
- Dapat memberi dampak bagi siswa
- Dapat memberi dampak bagi guru dan pembelajarannya
- Kualitas teknis
- Keterbacan
- Mudah digunakan
- Kualitas tampilan / tayangan
- Kualitas penanganan jawaban
- Kualitas pengelolaan programnya
- Kualitas pendokumentasiannya
SUMBER:
Rudi Susilana, Media pembelajaran, Bandung: CV wacana Prima, 2007
0 komentar:
Posting Komentar