Home » » Multimedia Pembelajaran Interaktif

Multimedia Pembelajaran Interaktif


1.     PENGERTIAN

Multimedia terbagi jadi multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah multimedia yang tidak dilengkapi alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan pengguna contohnya tv dan film. Multimedia interaktif telah dilengkapi alat pengontrol yang dapat digunakan pengguna contohnya game, pembelajaran interaktif, dll.

Pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan sehingga mendukung terjadinya proses belajar. Multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

2.     MANFAAT MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Þ    Memperbesar benda yang tak kasat mata sehingga mudah diamati
Þ    Memperkecil benda yang sangat besar
Þ    Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks
Þ    Menyajikan peristiwa yang jauh
Þ    Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya
Þ    Meningkatkan daya tarik sehingga menambah minat belajar siswa

3.     KARAKTERISTIK MEDIA DALAM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Þ    Menggabungkan audio dan visual
Þ    Bersifat interaktif
Þ    Dapat digunakan tanpa bantuan orang lain
Þ    Mampu memperkuat respon pengguna
Þ    Member keluluasaan pada siswa untuk mengontrol kecepatan belajarnya
Þ    Siswa dapat mengikuti suatu urutan yang jelas

4.     FORMAT MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Þ    Tutorial
Þ    Simulasi
Þ    Drill & practice
Þ    Eksperimen
Þ    Permainan



5.     KUALITAS PEMBELAJARAN

Kualitas dapat dimaknai dengan peningkatan mutu dan efektifitas. Secara defenitif, efektifitas diartikan sebagai tingkat keberhasilan untuk mencapai tujuan (Etzioni, 1964).

Aspek-aspek dalam efektifitas belajar:
·         Peningkatan pengetahuan
·         Peningkatan keterampilan
·         Perubahan sikap
·         Perubahan perilaku
·         Kemampuan adaptasi
·         Peningkatan intergrasi
·         Peningkatan pertisipasi
·         Peningkatan interaksi cultural

6.     DAMPAK MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

·         Belajar bersifat aktif, kolaboratif dan terkondisi dalam konteks dunia yang riil
·         Punya tiga lingkungan belajar yaitu lingkungan belajar preskriptif, demokratis dan sibernetik
·         Pembuatan desain pembelajaran multimedia dibuat berdasarkan besar kecilnya control siswa atas pembelajarannya
·         Berkaitan dengan umpan balik
·         Multimedia seolah-olah bersifat isolative tapi dapat diatasi dengan beberapa cara sehingga siswa punya kontak yang baik dengan anggota kelompok lainnya

7.     PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Perbaikan kualitas pendidikandiarahkan pada peningkatan kualitas proses pembelajaran, pengadaan buku bacaan serta alat-alat pembelajaran.

Manfaat perkembangan pembelajaran multimedia:
·         Solusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran
·         Memudahkan proses pembelajaran
·         Menggantikan ataupun melengkapi pembelajaran konvensional

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters