Home » , » Keterampilan Mengadakan Variasi

Keterampilan Mengadakan Variasi

a. Pengertian
Variasi stimulasi adalah suatau kegiatan guru dalam mengenal konteks interaksi mengajar yang ditunjukan untuk mengatasi kebosanan murid sehingga dalam situasi belajar mengajar, murid senantiasa menunjukan ketekunan , antusiasme, serta penuh partisipasi.

b. Tujuan variasi mengajar
1) Meningkatkan dan memelihara perhatian siswa terhadap relevansi proses belajar mengajar.
2) Memberikan kesempatan kemungkinan berfungsinya motivasi.
3) Membentuk sikap positif terhadap guru dan sekolah.
4) Member kemungkinan pilihan dan fasilitas belajar individual.
5) Mendorong peserta didik untuk belajar
c. Prinsip penggunaan
1) Variasi hendaknya digunaan dengan satu maksud tertentu yang relevan dengan tujuan yang henda dicapai.
2) Variasi harus digunnaan dengan lancar dan berkesinamungan sehingga tidak merusak perhatian siswa dan tida mengganggu pelajaran.
3) Direncanakan secar baik dan secara eksplisit dicantumkan dalam rencana pelajaran atau sattuan pelajaran.
d. Komponen-komponen variasi mengajar
1) Variasi gaya mengajar
a) Variasi suara
b) Penekanan (focusing)
c) Pemberian waktu (pausing)
d) Kontak pandang
e) Gerakan anggota badan (gesturing)
f) Pindah posisi
2) Variasi media dan bahan ajar
a) Variasi media pandang
b) Variasi media dengar
c) Variasi media taktil
3) Variasi interaksi

0 komentar:

Posting Komentar

Flag Country

free counters