Mengajar kelompok kecil dan perorangan merupakan bentuk mengajar klasikal biasa yang memungkinkan guru dalam waktu yang sama menghadapi beberapa kelompok kecil yang belajar secara kelompok dan beberapa orang siswa yang bekerja atau belajar secara perorangan. Format mengajar ini ditandai oleh adanya hubungan interpersonal yang lebih akrab dan sehat antara guru dengan siswa, adanya kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan, minat, cara, dan kecepatannya, adanya bantuan dari guru, adanya keterlibatan siswa dalam merancang kegiatan belajarnya, serta adanya kesempatan bagi guru untuk memainkan berbagai peran dalam kegiatan pembelajaran.
Setiap guru dapat menciptakan format pengorganisasian siswa untuk kegiatan pembelajaran kelompok kecil dan perorangan sesuai dengan tujuan, topik (materi), kebutuhan siswa, serta waktu dan fasilitas yang tersedia. Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan perlu dikuasai guru karena penerapannya dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda. Selain itu, pembelajaran kelompok kecil dan perorangan memberi kemungkinan terjadinya hubungan interpersonal yang sehat antara guru dengan siswa, terjadinya proses saling belajar antara siswa yang satu dengan lainnya, memudahkan guru dalam memantau pemerolehan belajar siswa, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dapat menumbuhkembangkan semangat saling membantu, serta memungkinkan guru dapat mencurahkan perhatiannya pada cara belajar siswa tertentu sehingga dapat menemukan cara pendekatan belajar yang sesuai bagi siswa tersebut.
a. Hakikat pengajaran
Hakikat pengajaran adalah:
- Terjadinya hubungan emosional antara guru dengan siswa dan juga dengan siswa dengan guru.
- Siswa belajar sesuai dengan kecepatan dan emampuan masing-masing.
- Siswa mendapat bantuan dari guru sesuai dengan kebutuhannya, dan
- Siswa dilibatkan dalam perencanaan kegiatan belajar mengajar.
b. Peran guru dalam pengajaran
1) Organisasi kegiatan belajar mengajar
2) Sumber informasi (nara sumber) bagi siswa
3) Motivasi bagi siswa untuk belajar
4) Penyedia materi dan kesempatan belajar (falisitator) bagi siswa
5) Pemimbing, kegiatan belajar siswa (konselor), dan
6) Peserta kegiatan belajar.
Beberapa komponen keterampilan mengajar kelompok kkecil dan perseorangan.
a. Keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi
b. Keterampilan mengorganisasi
c. Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar
0 komentar:
Posting Komentar