Mahasiswa India Temukan Asteroid Baru

COIMBATORE - Seorang mahasiswa dari Karunya University di India telah menemukan sebuah asteroid baru bersama dengan temannya asal China.

Pihak kampus mendapat informasi dari International Asteroid Search Collaboration (IASC) yang menyatakan bahwa Atul Felix Payapilly dan temannya Zhang dari China telah menemukan asteroid 'Asteroid 2010 RR52'. Demikian seperti yang dikutip dari Deccan Herald, Senin (11/4/2011).

"Nama yang diberikan untuk asteroid tersebut masih bersifat sementara. Ke depannya orbit dari asteroid tersebut masih akan diteliti lagi," ujar Dr. Patrick Miller, pendiri dari IASC.

Asteroid tersebut akan diberi nomor dan dimasukkan dalam katalog yang dikelola oleh Minor Planet Center dan International Astronomical Union di Paris.

Begitu asteroid itu sudah dapat nomor, pelajar yang menemukan asteroid tersebut boleh memberinya nama, yang mana akan disetujui oleh International Astronomical Union.

NASA Akan Luncurkan Misi Pencarian Asteroid Baru


Liputan6.com, Washington DC: Badan Antariksa Amerika Serikat NASA berencana meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik tak berawak. Pesawat digunakan untuk membawa sampel-sampel dari sebuah asteroid kembali ke bumi. Misi terbaru ini akan diluncurkan pada 2016 mendatang.

NASA menyebutkan pesawat ulang-alik, yang disebut OSIRIS-REx, membutuhkan waktu empat tahun untuk mendekati sebuah asteroid. Pesawat akan membentangkan lengan robot untuk mengumpulkan setidaknya 50 gram materi dari lapisan asteroid, dan kemudian kembali ke bumi pada 2023.

Misi diperkirakan menghabiskan biaya sekitar US$ 800 juta. NASA mengatakan sampel-sampel asteroid berguna untuk menjelaskan dengan lebih baik bagaimana sistem tata surya terbentuk. Karena asteroid merupakan sisa-sisa dari pembentukan sistem tata surya.

Dengan begitu misi ini merupakan persiapan bagi program antariksa Presiden AS Barack Obama, yang menyerukan untuk mengirimkan manusia ke asteroid dan lalu ke planet Mars. Tahun lalu, pesawat ulang-alik tak berawak Jepang, Hayabusa, menyelesaikan misi sukses pertama dunia yang membawa sampel-sampel dari sebuah asteroid.(NHK/JAY/AIS)

sumber : http://tekno.liputan6.com/read/336413/nasa-akan-luncurkan-misi-asteroid-baru

Iklan

Flag Country

free counters